TIPS & HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MENGGUNAKAN ALAT CATOKAN RAMBUT

REPOST FROM MY OLDEST POST


Trend gaya rambut lurus dan halus bagai sutra masih belum berakhir. Bagi wanita yang memiliki rambut ikal atau tidak begitu lurus, maka solusi yang biasanya digunakan adalah menggunakan alat catok rambut agar rambut mereka bisa disulap menjadi lurus. Namun seringkali heran, kenapa ya rambut lebih cantik dan terlihat indah saat dicatok di salon?

Selain memang mereka profesional dan sudah sering berlatih hair styling, mereka juga belajar bagaimana cara menggunakan alat catok yang benar. Alat catok atau flat iron termahal sekalipun tidak akan memberikan hasil yang terbaik bagi rambut bila kalian salah memakainya.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang umum dilakukan wanita saat menggunakan alat catok di rumah.

Tidak pakai serum

Jangan mengeluh rambut kalian menjadi kering atau rusak karena terlalu sering menggunakan alat catok, apabila sebelum memakai hair dryer atau flat iron kalian tidak mengaplikasikan serum pada batang rambut kalian yah... tentu akan membuat rambut kalian rusak. Pastinya, serum atau vitamin rambut ini ampuh membantu mencegah kerusakan rambut dan melindungi rambut dari panas.
Apalagi bila kalian menggunakan alat catok setiap hari, serum rambut ini wajib digunakan.

Lebih suka suhu rendah ketimbang tinggi

Dalam benak ladies, pemakaian suhu rendah lebih baik ketimbang suhu tinggi karena bila tidak terlalu panas maka rambut akan baik-baik saja.

Sebenarnya, pemakaian suhu tinggi jauh lebih efektif karena kalian tidak perlu mengulang pencatokan yang menyebabkan panas jadi diaplikasikan berkali-kali. Hanya dengan satu atau dua kali catok bersuhu tinggi, kalian bisa menghasilkan rambut lurus yang kalian inginkan.

Melupakan sisir

Karena berpikir bahwa flat iron akan membuat rambut lurus, maka kalian melupakan penggunaan sisir. Alhasil, kalian harus mengulang beberapa kali agar hasilnya lurus dan lembut. Padahal, hasil akan lebih maksimal apabila kalian merapikan rambut terlebih dahulu dengan sisir sehingga rambut lurus, lembut dan tidak harus terkena panas berulang-ulang.

Terburu-buru melakukan styling

Rambut diluruskan dengan flat iron agar lebih mudah ditata bukanlah sebuah kesalahan. Namun, biarkan rambut dingin terlebih dahulu sebelum melanjutkan menata rambut, entah itu mengikatnya atau melakukan up hair do.

Tidak pernah membersihkan alat catok

Seperti halnya sisir, flat iron juga perlu dibersihkan. Di saat tidak dipakai, lap dengan lap setengah basah kemudian keringkan. Bahan-bahan seperti serum atau hairspray yang menempel bisa mempengaruhi kualitas alat catok dan hasil styling rambut kalian.


Perhatikan cara untuk meminimalisir kerusakan rambut ketika kalian menggunakan alat catok. Berikut ini, seperti dilansir dari Dailymakeover:    

  • Pilih alat catok yang lapisannya menggunakan keramik, tourmalin, atau titanium. Usahakan yang memiliki pengatur suhu, agar kalian bisa menyesuaikan suhu sesuai keadaan rambut kalian.
  • Pastikan alat catok selalu bergerak, dan jangan pernah meninggalkannya lebih dari 10 detik pada rambut.
  • Catok sebaiknya dilakukan setelah keramas, atau saat rambut kalian dalam keadaan bersih. Hal tersebut akan membuat penampilan rambut jadi maksimal.
  • Alat pemanas akan membuat rambut terasa kering setelah penggunaannya. Oleh karena itu, gunakan Serum atau krim pengatur rambut atau mousse saat menggunakan catok, agar lurus yang dihasilkan bertahan lebih lama, cara ini juga bisa menjadi pelindung rambut yang dapat melembapkan dan mencegah rambut bercabang. Kata ahli tata rambut Antonio Sussino. Selalu pastikan rambut kalian benar-benar kering saat menggunakan alat pemanas untuk menghindari hangusnya rambut.
  • Catok sedikit demi sedikit, dengan belahan rambut yang sudah diatur terlebih dahulu. Kanan dan kiri serta belakang, ambil per baris agar rambut lurus merata.
  • Gunakan sisir yang memiliki gigi rapat agar rambut lebih rapi dan tidak sulit ditata.
Tadaaa... ini dia hasil rambut aku setelah dicatok, teksturnya terlihat lembut & shining ^^
Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian ^^

SEE YOU ON MY NEXT POST! 
Bye...



DUWAY

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top