KUE SUS PERTAMA KU ^^

REPOST FROM MY OLDEST BLOG

Aku seneng banget sama Kue Sus,
Biasanya kalo lagi kepengen makan Sus ya harus beli di toko, tapi kali ini penasaran kepengen bikin sendiri, gara-gara abis liat postingan cowo perantauan kok bisa sih bikin kue Sus? Gak mau kalah dong... cowo aja bisa, masa aku gak? *optimis pasti bisa, hehehe...
So... ini kue Sus pertama aku, Alhamdulillah percobaan pertama berhasil, yeaaayy.... seneng banget... walaupun hasil cetakkannya mini-mini & ukurannya gak sama rata, gak sesempurna seperti yang dijual ditoko, yaa... maklum lah ya.. namanya juga percobaan pertama, hehe...
Buat yang belum pernah coba bikin sendiri, jangan patah semangat yah, yuk coba diikutin stepnya dengan benar, insha Allah berhasil
yuk... kita langsung mulai aja percobaannya
Pertama-tama persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan dibutuhkan, sisihkan menjadi 2 bagian / 2 wadah bahan yang berbeda yaitu bahan untuk membuat kulit dan bahan untuk isiannya "Vla".
Berikut detailnya :

Step 1 :
Bahan untuk kulit sus :
-125 gram margarin
-150 gram tepung terigu
-250 ml air (pisahkan 50ml air dalam wadah terpisah)
-3 butir telur ayam ukuran besar (jika telurnya kecil bisa pakai 4 butir telur)
-1 sdt gula
-1/2 sdt garam
-1 sdt baking powder
-1/2 sdt vanili bubuk
***********************
Step 2 :
Bahan untuk isian vla :
-60 gram tepung maizena
-150 gram gula pasir
-1 sdm margarin
-2 buah kuning telur
-650 ml susu cair (plain) disini aku pakai susu dancow yang dicairkan supaya rasanya terasa lebih gurih (sesuai selera sih mau pakai susu apa aja, asal jangan susu kental manis karna hasil vlanya akan jadi lengket dan tidak kenyal)
-1/4 sdt Vanili bubuk
-1/4 sdt Garam
-penambah rasa / pasta makanan cap koepoe-koepoe (sesuai selera bisa rasa vanilla, coklat, greentea dll)
Step 1 :
Cara membuat kulit sus :
Pertama-tama siapkan panci, nyalakan kompor dengan api kecil, masukkan margarin, tuangkan 50ml air (airnya sedikit dulu ya, kalau margarinnya sudah meleleh semua baru boleh masukkan sisa airnya yang sudah ditakar sebelumnya) sambil di aduk-aduk hingga merata.
Masak margarin hingga mendidih, masukkan gula, garam, vanili, baking powder
Tambahkan terigu sedikit demi sedikit ke dalam margarin yang mendidih sambil diaduk-aduk merata agar tidak menggumpal.
Setelah itu, aduk rata adonan terigu yang bercampur margarin hingga benar-benar kalis dan tidak menempel di dinding panci.
Setelah terlihat kalis, angkat panci dan pindahkan adonan kedalam baskom / wadah. Diamkan adonan sebentar hingga menjadi agak dingin, Karena jika adonannya masih panas, saat memasukkan telur ke dalamnya, maka telur bisa berubah menggumpal menjadi matang.
Setelah Adonan sudah mulai dingin, aduk sebentar menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Aduk hingga adonan menjadi butiran-butiran kecil seperti gambar.
Sambil tetap diaduk menggunakan mixer, silahkan masukkan telur satu persatu (harus satu persatu ya memasukkannya) supaya adonan kalisnya merata dan hasilnya lembut saat sudah matang nanti, Ketika telur terakhir sudah dimasukkan, tambah kecepatan mixer menjadi satu atau dua tingkat lebih cepat dari sebelumnya.
Aduk terus hingga adonan menjadi berlipat-lipat (ketika dituangkan), kental dan padat.
Hasil akhir adonan yang sudah merata, kental dan kalis.
Setelah itu, Olesi Loyang dengan Margarin, kemudian persiapkan plastik piping bag (segitiga) dan juga spuit bulat atau spuit bintang (saya menggunakan spuit bintang "icing" ukuran 30 yang biasa digunakan untuk menghias kue tart)
Karena mau buat sus dengan ukuran mini.

Agar adonan tidak meleber kemana-mana, disarankan agar memasukkan plastik kedalam gelas, kemudian masukkan adonan menggunakan sendok kedalam plastik didalam gelas tersebut.
Ketika melangkah ke proses pencetakan, sambil panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius (api atas dan api bawah) selama 10 menit.

Cetaklah sesuai selera boleh berbentuk bulat / memanjang, boleh dengan ukuran besar / kecil.
Berikut penampakan kue sus sebelum dipanggang.
Masukkan loyang yang berisi sedikit air ke dalam oven yang sudah panas (diletakkan dibawah loyang yang berisi adonan) (jadi menggunakan 2 loyang, ukuran yg lebih besar berisi air diletakkan sebagai alas dari loyang yang berisi adonan)
Kenapa ditambahkan sedikit air di atas loyang? Hal tersebut untuk mencegah kue sus mudah gosong. Panggan kulit sus selama 20-25 menit dengan suhu api 200 derajat celsius (api atas-bawah). Jangan buka oven selama 20 menitan atau sampai buih-buih pada kulit kue sus menghilang. Panggang sampai matang.
Sambil menunggu kulit susnya matang, sekarang lanjut ke Step 2 yaitu membuat isi vla-nya.

Cara membuat vla :
Siapkan mangkok berukuran agak besar, kemudian masukkan 2 kuning telur dan tuangkan 100ml susu cair ke dalamnya (dari 650ml susunya hanya 100ml aja ya yang dicampur)
Aduk perlahan-lahan hingga kuning telur tercampur rata.
Tambahkan tepung maizena ke dalam adonan, kemudian aduk kembali hingga tercampur rata.
Berikut adalah gambar adonan yang terdiri dari campuran susu, kuning telur dan tepung maizena.
Selanjutnya panaskan sisa susu (550ml).
Ingat yah, sisa susu, bukan adonan yang terdiri dari (campuran susu, kuning telur dan tepung maizena tadi).
Tambahkan garam dan valini.
Kemudian masukkan gula pasir.
Tambahkan sedikit perasa / pasta makanan beraroma (saya pakai aroma Durian karna keluarga suka durian) pada umumnya sus yang biasa dijual dipasaran adalah rasa original yaitu rasa vanilla.
Jika susu mulai berbuih kecil di pinggirannya, tuangkan campuran susu, kuning telur dan tepung maizena kedalam susu. Masak dengan menggunakan api kecil, aduk cepat adonannya agar tidak mengental.
Masak hingga adonannya merata & meletup-letup.
Setelah itu, masukkan 1 sdm margarin ke dalam adonan, aduk kembali hingga adonan tercampur rata.
Saat margarin dimasukkan kedalam adonan, penampakan vla akan berubah kekuning
Jika vla sudah terlihat mengental dan meletupkan balon tandanya vla sudah matang dengan sempurna dan siap untuk diangkat.
Dinginkan vla terlebih dahulu sebelum berlanjut ke proses pengisian.
Inilah hasil dari kulit sus yang sudah dikeluarkan dari oven. Mengembang, lembut dan kenyal.
Kemudian gunting setengah bagian kue sus.
Kue sus yang baik adalah yang hasil tengahnya kopong seperti digambar.
Setelah vlanya sudah cukup dingin, kini berlanjut ke step pengisian vla, isi vla tersebut kedalam kulit sus yang sudah digunting terlebih dahulu bagian tengahnya.
Isi vla sesuai selera boleh banyak / sedikit, kemudian tutup bagian atas kulit sus hingga rapat.
Sajikan kue sus untuk cemilan hangat bersama keluarga tercinta
Bikin kue sus sendiri itu lebih hemat dan higienis loh... makannya juga puas bisa nambah berkali-kali dan bisa dinikmati bersama keluarga, saudara / teman.
Selamat mencoba ^^

SEE YOU ON MY NEXT POST!
Bye...


DUWAY

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top